Sunday, November 15, 2009

Teluk Tomini Kian Kritis

Would you like to find out what those-in-the-know have to say about tech? The information in the article below comes straight from well-informed experts with special knowledge about tech.
GORONTALO " Teluk tomini menyimpan beragam potensi sumberdaya alam. Sayangnya, potensi Teluk Tomini belum dimanfaatkan secara optimal. Parahnya lagi, potensi yang ada itu semakin rusak akibat minimnya kepedulian dan pengelolaan yang tak profesinal. Salah satu bukti, menumpuknya sampah di kawasan Teluk Tomini dewasa ini. Menurut Walikota Gorontalo Adhan Dambea, kerusakan lingkungan di wilayah Teluk Tomini, khususnya di daerah tangkapan ikan merupakan ancaman kerusakan yang sangat serius. Bahkan kerusakan tersebut dapat mengakibatkan punahnya keanekaragaman hayati dan terumbu karang yang pada runtutannya produksi ikan menurun serta bencana kerusakan ekosistem perairan.
 
œPerlindungan daerah wisata merupakan aksi tindak konservasi strategis yang harus diwujudkan untuk dapat menjamin fungsi ekosistem teluk tomini sebagai penyangga sistem kehidupan, ujar Walikota Adhan Dambea di sela-sela kegiatan bersih pantai di muara Sungai Bone dan kompleks Pelabuhan Gorontalo.

Oleh karena itu, Walikota Adhan Dambea menyambut positif kegiatan bersih pantai. Walikota Adhan Dambea turut memberikan apresiasi kepada Baliristi dan Kepala Deputi Bidang Peningkatan Konservasi SDA dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan Kementrian Negara Lingkungan Hidup (KLH) RI. œœMenjamin kelestarian sumber daya perikanan beserta komponen keanekaragaman hayati yang terkandung didalamnya dan terselenggaranya pemanfaatan secara lestari, ujar Adhan.

Hopefully the information presented so far has been applicable. You might also want to consider the following:

Di sisi lain, Walikota Gorontalo Adhan Dambea mengatakan, teluk tomini merupakan perairan yang masuk dalam wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Termasuk jenis terumbu karang maupun fungsi sosial budaya. œUntuk Kota Gorontalo sendiri wilayah perairan teluk tomini sebagai sumber perikanan dan pelabuhan penumpang dan barang yang sangat tinggi aksesibilitas, kata Adhan Dambea.

Secara terpisah Kepala Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Sulawesi, Maluku dan Papua (Sumapapua) Ridwan D Tamin mengatakan, suatu ekosistem pesisir dan laut yang sehat sangat menentukan bagi kelangsungan hidup manusia. Sebab, sekitar 60 persen penduduk dunia yang tinggal di sepanjang wilayah pesisir kehidupannya sangat bergantung pada ekosistem pantai. œUntuk itu setiap manusia bertanggung jawab melindungi dan melestarikan ekosistem pesisir dan laut agar dapat diwariskan kepada generasi penerus, harap Ridwan.
 
Sementara itu Koordinator Program Teluk Tomini (SUSCLAM) Rahman Dako mengatakan, tujuan bersih pantai ini digelar karena kian banyak sampah bertebaran di Teluk Gorontalo. œSampah berbahaya bagi biota laut dan manusia, ujar Rahman.
 
Kegiatan bersih pantai ini kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup, Balihristi Provinsi Gorontalo, PKK Kota Gorontalo, JAPESDA dan Program Teluk Tomini. Lokasi bersih pantai berada di Tangga Dua Ribu dan kompleks pelabuhan Gorontalo. Menurut Rahman di lokasi ini banyak sampah, terutama plastik yang bertebaran di bebatuan. Sampah ini akan tersapu ombak dan akan terbawa arus hingga ke Teluk Tomini.

Sementara di Leato, dekat pelabuhan, buangan botol mineral tersebar di bebatuan dan tebing. Pasokan sampah plastik dari Sungai Bone/Pelabuhan Gorontalo ini diperkirakan berandil paling banyak ke Teluk Tomini. Muara ini merupakan kumpulan tiga sungai dari Kabupaten Bone Bolango, aliran sungai dari Danau Limboto dan Kota Gorontalo. Selain mengganggu keindahan, sampah berbahaya jika tersangkut di baling-baling kapal. Sampah plastik yang dimakan biota laut juga berbahaya bagi kesehatan. Di laut, sampah plastik menjadi tempat berkumpulnya zat kimia dan toksik. œToksik akan berpindah ke tubuh ikan yang memakan plastik tersebut, bahayanya ikan yang sudah mengandung toksik itu akan dikonsumsi manusia, tandas Rahman. (GP-77)

Hopefully the sections above have contributed to your understanding of tech. Share your new understanding about tech with others. They'll thank you for it.

No comments:

Post a Comment