Tuesday, November 24, 2009

Harimau Liar akan Dilumpuhkan

In today's world, it seems that almost any topic is open for debate. While I was gathering facts for this article, I was quite surprised to find some of the issues I thought were settled are actually still being openly discussed.
BENGKULU" Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Departemen Kehutanan RI, Dr. Ir. Harry Santoso menegaskan, harimau yang kini berkeliaran di sekitar pemukiman warga di Kabupaten Kaur, harus segera dilumpuhkan. Instansi yang berwenang melumpuhkan harimau Sumatera adalah Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan pemerintah setempat.
   
Hanya saja, harimau Sumatera yang merupakan salah satu hewan yang nyaris punah dan dilindungi undang-undang itu tidak boleh dilumpuhkan sampai mati. œSudah barang tentu harus dilumpuhkan kalau keberadaannya mengancam manusia. Tapi ingat, tidak boleh sampai mati. Sebab populasinya sekarang semakin sedikit. Dalam hal ini BKSDA turun tangan, sekalipun harimau tersebut berada dalam wilayah Hutan Produksi Tetap (HPT), tegas Harry.
   
Setelah dilumpuhkan, harimau yang dinilai dapat mengancam warga itu dibawa pusat penangkaran untuk sementara, lalu kemudian dilepas ke habitat alam bebas di daerah lain yang jauh dari pemukiman. It seems like new information is discovered about something every day. And the topic of tech is no exception. Keep reading to get more fresh news about tech.

œIntinya tidak boleh dimatikan. BKSDA bisa bekerjasama dengan warga setempat untuk melumpuhkan harimau itu. Harus segera dilakukan sebelum ada korban, tandas Harry.
   
Keberadaan harimau sendiri meski mengancam manusia karena masuk ke kawasan pemukiman, akan tetapi tetap harus dilindungi. Terutama setelah kepunahan harimau Jawa dan Bali tahun 1970 an. Populasi harimau Sumatera ini juga terus menurun dan saat ini tinggal lagi sekitar 400-500 ekor.

œBoleh diusir tapi tetap menjaga kelestariannya. Jangan sampai harimau Sumatera tinggal cerita seperti harimau Jawa dan Bali, pungkasnya.(ken)

Knowing enough about tech to make solid, informed choices cuts down on the fear factor. If you apply what you've just learned about tech, you should have nothing to worry about.

No comments:

Post a Comment