Friday, May 14, 2010

Ribuan Batang Kayu Gagal Diselundupkan ke Singapura

Do you ever feel like you know just enough about indonesia to be dangerous? Let's see if we can fill in some of the gaps with the latest info from indonesia experts.
NUSANTARA - RIAU
KARIMUN- Patroli aparat Bea Cukai berhasil menggagalkan penyelundupan ribuan batang kayu illegal jenis mentangor yang rencananya akan dikirim ke Singapura. Penangkapan yang dilakukan kapal patroli BC15020 jenis speedboat berhasil menangkap kapal KM Harapan Utama di perairan perbatasan antara Indonesia dengan Singapura, pada Kamis (13/5) dini hari. If you don't have accurate details regarding indonesia, then you might make a bad choice on the subject. Don't let that happen: keep reading.

"Patroli BC 15020 yang selalu siaga di kawasan perbatasan mencurigai kapal dari bahan jenis katu menuju ke arah Singapura. Setelah dikejar dan didekati oleh patroli BC diketahui kapal membawa muatan ribuan batang kayu," ujar Kasi P2  Kanwil IV DJBC Tipe Khusus Tanjungbalai Karimun, Andhi Pramono.
 
Dijelaskan, KM Harapan Utama dicurigai mengangkut kayu illegal dan tidak memiliki dokumen karena ketika diminta berhenti oleh petugas BC, nakhoda kapal tidak mau menghentikan kapalnya. "Karena tidak mau berhenti akhirnya petugas kita mengejar dan naik ke atas kapal. Kapal beserta anak buah kapal dan nakhoda berhasil dikuasai di perairan Takong dekat Selat Philip dan langsung membelokkan jalan kapal menuju ke Perairan Karimun untuk diamankan ke Pelabuhan P2 Ketapang, Tanjungbalai Karimun," katanya.
 
Dikatakan Andhi, diperkirakan jumlah kayu gelondongan jenis mentangor yang berhasil disita sebanyak 5 ribu batang. Dan, kayu tersebut diangkut dari Belinga tidak dilengkapi dengan dokumen resmi dan merupakan tindak pidana penyelundupan dalam bentuk ilegal logging sesuai dengan pasal 102 undang-undang kepabeanan tahun 2006. 
  
"Berdasarkan pengakuan nakhoda kapal Razak Ismail, ribuan batang kayu tersebut  ditebang secara ilegal di Belinga. Kemudian dikumpulkan terlebih dulu setelah banyak baru diselundupan ke luar negeri. Diperkirakan nilai kayu tersebut mencapai Rp750 juta. Kini satu nakhoda dan lima orang ABK sudah diamankan ke Pos P2 Ketapang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya. (san/fuz/jpnn)

That's the latest from the indonesia authorities. Once you're familiar with these ideas, you'll be ready to move to the next level.

No comments:

Post a Comment