Monday, June 7, 2010

Gubernur Aceh Tolak Pemekaran

Have you ever wondered what exactly is up with indonesia? This informative report can give you an insight into everything you've ever wanted to know about indonesia.
NUSANTARA - ACEH
BANDA ACEH- Tuntutan pemekaran wilayah dengan membentuk provinsi baru kembali mencuat di Nangroe Aceh Darussalam. Di Kota Meulaboh, tuntutan pembentuka Provinsi Aceh Barat-Selatan (ABAS) semakin kencang. Sejumlah spanduk berisi desakan kepada pemerintah untuk merealisasikannya semakin banyak bermunculan di titik-titik yang menjadi perhatian warga. Sayangnya, berbagai spanduk yang menyambut kedatangan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf tersebut tidak bertahan lama karena lebih dulu diturunkan petugas satpol PP. Sehingga kedatangan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf ke kota Meulaboh, yang beragenda dialog dengan sejumlah delegasi elemen masyarakat setempat tak sempat menyaksikan banyaknya spanduk berisi tuntutan warga tersebut. Meski begitu, saat berdialog dengan warga Irwandi dengan tegas menyinggung soal tututan pemekaran wilayah itu.

Saya tidak mendukung pembentukan Abas, spontan ucap orang nomor satu di Aceh ini.

Menurut Irwandi, pemekaran hanya menguntungkan sekelompok orang saja, terutama bagi mereka yang ingin naik menjadi pejabat, di saat pemekaran terjadi. Jadi lebih banyak unsur politik.

Those of you not familiar with the latest on indonesia now have at least a basic understanding. But there's more to come.

Ditambahkan, sebuah pemekaran akan sangat banyak menghabiskan uang, karena harus membangun berbagai fasilitas pemerintahan, dan infrastruktur pendukung lainnya. Lebih kurang Rp3 triliun, urainya.

Menurutnya, uang sebanyak itu akan menjadi mubazir. Karena itu, akan lebih baik dimanfaatkan untuk menjalankan program peningkatan ekonomi rakyat. Selain itu, pemekaran ini belum mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat. Sebab, tambahnya, masih ada sekitar tujuh persyaratan yang belum dipenuhi, seperti rekomendasi dari DRPK dan Bupati pada area pemekaran, belum mendapat rekomendasi dari DPRA dan Gubernur,  Persiapan dana pemekaran, lampiran peta tentang tapal batas pemekaran dan lainnya.

Sementara itu, Ketua Komite Persiapan Pemekaran Provinsi Aceh Barat Selatan (KP3) Abas, H Cut Agam, selaku inisiator mengaku tidak jadi soal, terkait tidak adanya dukungan dari Gubernur Aceh. Karena tahapan proses administrasi pemekaran hampir rampung keseluruhan. Kini tinggal penyempurnaan saja di Komisi II  DPR RI, ujarnya.

Ditambahkan, pada 30 Juni 2010 ini, seluruh persyaratan yang kurang, akan diserahkan kembali ke meja Komisi II DPR-RI guna mendapat pengesahan. Sedangkan penyempurnaan yang dilakukan adalah  rekomendasi dari sejumlah kepala daerah yang berada di dalam pemerakan.(den/imj/fuz/jpnn)

As your knowledge about indonesia continues to grow, you will begin to see how indonesia fits into the overall scheme of things. Knowing how something relates to the rest of the world is important too.

No comments:

Post a Comment