Wednesday, March 3, 2010

Kejari Tolitoli Mandul Berantas Korupsi

Are you looking for some inside information on indonesia? Here's an up-to-date report from indonesia experts who should know.
TOLITOLI- Sejumlah aktivis LSM di Tolitoli, Sulawesi Tengah menilai kinerja Kejaksaan Negeri Tolitoli sangat lemah dalam memberantas korupsi. Betapa tidak, dari banyaknya kasus yang mencuat dan terindikasi korupsi, tak satu perkara pun diusut menjadi perkara hukum. sehingga sejumlah elemen masyarakat mempertanyakan kredibilitas Sudiyanto SH dalam memimpin institusi korp Adhyaksa tersebut. Direktur LSM Bumi Bahkti, Ahmad Pombang menyebutkan berbagai proyek pemerintah yang terindikasi kuat korupsi tak juga ditangani oleh aparat penegak hukum di Tolitoli.  "Salah satu contohnya adalah dugaan penyimpangan dana program peningkatan ketahanan pangan di Dinas Perkebunan Tolitoli. Indikasinya, sudah sangat jelas, ada satu item kegiatan, dengan biaya double dari dana APBD dan APBN. Dan kami punya bukti itu," kata Ahmad Pombang, kepada Radar Sulteng (JPNN Grup), Rabu (3/3).

Dijelaskan, program kegiatan dalam item Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tidak sesuai dengan Rincian Dokumen Pelaksanaan Anggaran Belanja Langsung (RDPABL). Contohnya menurut Ahmad, dalam DPA bernomor 2.0102162952 khusus untuk dana pendamping dari APBD sebesar Rp.438.967.000, sama sekali tidak dicantumkan anggaran pembelian mobil. Namun realisasinya justru ada pembelian satu unit  mobil Totoya Rush.

Ketidaksesuaian DPA dengan RDPABL dari dana pendamping menurut Ahmad, sehingga item program yang tertuang dalam DPA seperti tersedianya bibit kakao untuk peremajaan tanaman sebanyak 300.000 pohon, entris kakao untuk rehabilitasi tanaman 1.000.000 entris, pupuk NPK 531 ton, pestisida 1,440 liter dan alat mesin perkebunan Hands Sprayer 120 unit. Kemudian alat gunting pangkas 600 unit serta peremajaan tanaman kakao 300 hektar, rehabilitasi 500 hektar dan intensifikasi 600 hektar, sama sekali tidak ada dalam RDPABL.

Senana dengan Ahmad, Ketua Aspekindo Tolitoli, Andi Mapiasse SH menilai, selain adanya dugaan penyimpangan, khusus untuk munculnya pengadaan mobil tersebut, telah mengindikasikan adanya pelanggaran Keppres Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pengadaan barang dan jasa. Tanpa ditenderkan, oknum pejabat dinas Perkebunan yang langsung membeli ke PT Hasrat Abadi.

Now that we've covered those aspects of indonesia, let's turn to some of the other factors that need to be considered.

Direktur Yayasan Dopalak Astaga.com lifestyle on the net (YDI) Idham Dahlan juga menyayangkan mandulnya kinerja Kejaksaan Tolitoli dalam memberantasa korupsi. Menurut Idham pada program tersebut, modus yang diduga dilakukan oleh oknum pada dinas tersebut adalah mungkin dana APBD sebesar Rp.438.965 yang dikhususkan sebagai dana pendamping yang atas petunjuk teknis digunakan untuk pengadaan bibit, pupuk, serta alat perkebunan serta kegiatan rehabilitas juga ada dalam anggaran APBN yang sebesar Rp.4.337.220.000 sehingga muncul niat untuk merubah item yang sudah ditetapkan dalam DPA.

"Ini tugas Kejaksaan, kami berharap proaktif melakukan penyelidikan. Apa lagi satu tahun ini tidak ada kasus korupsi Astaga.com lifestyle on the net yang ditangani Kejaksaan. Jika butuh, kami punya data tentang kasus ini," tegas Idham.    

PAra aktivis LSM meminta aparat Kejari Tolitoli tidak tutup mata dengan masalah tersebut. Apalagi masalah tersebut telah dihearing oleh DPRD bahkan telah dibentuk Pansus untuk itu. Bahkan ketiganya bersepakat, jika Kejaksaan Tolitoli tidak mampu menangani kasus akan melaporkan kasus ini Kepolda Sulteng maupun Kajati Sulteng.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Tolitoli Sudiyanto SH mengatakan siap menangani kasus tersebut. Sudiyanto  juga meminta kepada elemen masyarakat khususnya LSM untuk memberikan data tersebut, untuk kemudian melakukan penyelidikan.

"Kami siap, jika memang datanya cukup memadai saya akan langsung membuat Printug (Perintah Tugas) untuk menanganinya," jelas Sudiyanto.(yus/fuz/jpnn)

If you've picked some pointers about indonesia that you can put into action, then by all means, do so. You won't really be able to gain any benefits from your new knowledge if you don't use it.

No comments:

Post a Comment