Sunday, January 17, 2010

Bukan Jaman Batu, Stop Adat Perang

The following paragraphs summarize the work of tech experts who are completely familiar with all the aspects of tech. Heed their advice to avoid any tech surprises.
TIMIKA-- Ketua Dewan Adat Kabupaten Paniai, Jhon Gobay, menyerukan perlunya dievaluasi nilai nilai-nilai adat masyarakat pegunungan tengah dan Papua pada umumnya. Tradisi atau adat yang sudah jelas tidak perlu dipertahankan lagi adalah tradisi perang suku atau perang saudara. Tradisi ini pula yang menyebabkan perang saudara di Kwamki Lama antara kedua kelompok warga yang masih ada pertalian saudara itu. "Aksi perang suku atau perang saudara sebaiknya jangan dipertahankan. Ini jaman sudah maju dan modern. Ini bukan lagi jaman batu. Mari kita jeli lihat. Kalau nilai adat positif kita pertahankan. Tetapi kalau negatif yang hanya merugikan orang  banyak sebaiknya kita tinggalkan dan jangan di pertahankan, tutur Jhon Gobay kepada Radar Timika via ponsel selulernya, kemarin (17/1)

Menurutnya, konflik Kwamki Lama harus dijadikan momentum bagi tokoh intelektual dan semua stakeholders untuk melakukan evaluasi nilai adat, agar bisa lebih menunjang kesejahteraan  hidup masyarakat. œKita semua daerah punya adat. Karena itu secara turun temurun nilai kultur adat harus difilter. Artinya ada yang sudah pas pada jaman ini harus dieliminir sehingga tidak terkesan adat yang merugikan orang banyak tetapi tetap dipertahankan," ujarnya.

Most of this information comes straight from the tech pros. Careful reading to the end virtually guarantees that you'll know what they know.

Diamengajak masyarakat untuk lebih menggunakan jalur hukum dalam menyelesaikan konflik. œJangan setiap ada persoalan harus diselesaikan secara adat melalui perang. Ada laternatif selama kita mau sikapi secara positif permasalahan yang terjadi. Kan ada hukum positif,tutur Jhon.

Hal lain yang harus dipikirkan adalah imbas dari konflik yang sangat meresahkan warga sekitar yang berdiam di wilayah tersebut.  œKita tidak menginginkan warga Kwamki Lama terus menerus menjadi obyek sorotan dunia informasi beasiswa luar negeri dan menjadi korban, tegas Jhon. Jhon berharap, dengan upaya maksimal dari aparat keamanan dan pemerintah setempat, kiranya mendapat respon positif dari masyarakat terhadap penyelesaian damai,tukasnya

Dikatakan, Dewan Adat Paniai yang membawahi 8 suku di pegunungan termasuk Suku Dani sangat menyayangkan konflik yang terjadi hanya karena masalah perselingkuhan. Kondisi ini harus dievaluasi. (eng,sam/jpnn)

Now you can be a confident expert on tech. OK, maybe not an expert. But you should have something to bring to the table next time you join a discussion on tech.

No comments:

Post a Comment