Thursday, July 1, 2010

Lombok Timur Bebas Pemadaman Bergilir

The following paragraphs summarize the work of indonesia experts who are completely familiar with all the aspects of indonesia. Heed their advice to avoid any indonesia surprises.
NUSANTARA - NTB
SELONG- Setelah melewati masa yang memprihatinkan, Lombok Timur akhirnya terbebas dari krisis listrik yang berakibat pada pemadaman bergilir. Hal ini menyusul dioperasikannya telah dipasanganya mesin-mesin pembangkit listrik sewa di PTLD Ampenan dan PLTD Taman.  Kerja keras PLN untuk mewujudkan penerangan yang baik ini disabut antusias warga dan pengusaha. Plt Kepala PLTD Paok Motong, Agiek Subagio merasa sangat bangga dengan kinerja PLN yang membuktikan keberhasilannya mencapai target. "Kalau ada pemadaman, itu hanya gangguan ringan saja. Pemadamannya tidak akan lama seperti dulu. Kami berterima kasih atas dukungan masyarakat sehingga bisa terwujud," tegasnya.

Dijelaskan, dua UPTD itu masih menyuplai kekurangan daya listrik di Lotim yang mencapai 7 MW. "Karena antara UPTD itu interkoneksi maka terkadang ada saja gangguan kecil karena jaringannya belum sesuai. Sehingga terkadang terjadi pemadaman," jelasnya.

Those of you not familiar with the latest on indonesia now have at least a basic understanding. But there's more to come.

Menurut Subagio, terjadinya pemadaman kecil ini masih dinilai wajar. Karena saat ini listrik di NTB seperti baru sembuh dari sakit sehingga membutuhkan penyesuaian. Sementara untuk mengatasi kekurangan 7 MW itu, PLTD Paok Motong masih menunggu kedatangan mesin pembangkit listrik yang juga disewa.

Dijelaskan, saat ini dari 12 mesin yang disewa, baru dua yang sudah datang. Sisanya, Subagio menjelaskan masih menunggu karena sedang dalam pengiriman. Dua mesin itu tiba di Paok Motong 30 Juni lalu.
 
Dikatakan, saat ini kebutuhan total listrik di Lotim mencapai 30 MW. Jumlah itu sudah termasuk kebutuhan listrik wilayah eks KLP-SR. Sedangkan saat ini daya listrik yang mampu dihasilkan PLTD Paok Motong hanya 23 MW. Butuh suplai dari Mataram. "Kalau mesin-mesin sewa ini sudah terpasang kita tidak perlu suplai lagi," ujarnya.

Beroperasinya listrik disambut antusias warga. Hendra, salah satu pengusaha mengaku sangat bahagia karena usahanya bisa berjalan dengan baik karena tak lagi mengalami kendala listrik. "Sudah normal, Alhamdulillah. Kami optimis ini menjadikan perekomian di Lotim bisa lebih berkembang," pungkasnya. (rur/fuz/jpnn)

Now you can be a confident expert on indonesia. OK, maybe not an expert. But you should have something to bring to the table next time you join a discussion on indonesia.

No comments:

Post a Comment